About my Blog

Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Dengan herbal dan pengobatan alami, mari kita menjaga kesehatan kita yang berharga.

Sabtu, 04 September 2010

Manfaat kelengkeng

Kelengkeng memiliki sifat hangat, rasanya manis, mengandung banyak air dan daging buahnya agak bening. Dapat memperkuat limpa, memperkaya darah, meningkatkan fisik dan mengendurkan saraf. Biji kelengkeng mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino. Sedangkan kulit luar buah, rasanya asam manis dan bersifat astringen (penghangat). Zat tersebut dapat mengerutkan jaringan sehingga dapat mengurangi sekeresi. Karena itulah buah kelengkeng dapat digunakan sebagai obat luar dalam perawatan kulit. Kelengkeng mengandung glukosa, lemak, vitamin A, B.
Khasiat biji kelengkeng membantu menghentikan pendaharan, mengatur arus energi yang keluar masuk pada organ vital manusia, serta menghilangkan rasa nyeri.

Khasiat Buah Kelengkeng
  • Luka borok yang tak kunjung kering Gunakan sedikit kulit kelengkeng atau biji buahnya, bakar sampai menjadi arang lalu ditumbuk halus. Dicampurkan dengan minyak zaitun dan taburkan pada daerah yang luka.
  • Kulit terbakar Gunakan kulit kelengkeng bakar sampai gosong lalu tumbuk halus dan dicampur dengan minyak tung (aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yang terbakar.
  • Bau badan Ambil 15 gram biji kelengkeng dan 9 gram lombok hitam kemudian tumbuk halus dan dioleskan pada ketiak.
  • Jari kaki gatal atau bernanah Gunakan 3-6 biji buah kelengkeng. Panggang di atas api. Tumbuk halus kemudian taburkan pada bagian yang gatal atau bernanah.
  • Selera makan hilang, limpa lemah dan diare Gunakan 60 gram daging buah kelengkeng. Makan di pagi hari dan malam hari. lakukan hingga sembuh.
  • Hilang vitalitas, insomnia, cemas, depresi, serta mudah marah dan berkeringat Gunakan 15 gram buah kelengkeng dan 6 gram kurma cina yang diasamkan. Kukus dan berikan pada penderita sehari sekali.
  • Badan lemah setelah sakit, pusing atau penglihatan kabur Makanlah 250 garam buah kelengkeng segar setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar